Membuat Ucapan Idul Fitri yang Indah di PowerPoint

Membuat Ucapan Idul Fitri yang Indah di PowerPoint [Musik] [Musik] allahu akbar allahu akbar allahu akbar laahaillallah allahu akbar allahu akbar walillahilham.

Membuat Ucapan Idul Fitri yang Indah di PowerPoint

Allahu akbar Asalamualaikum teman-teman sahabat setia faktor salam sejahtera untuk semuanya selamat jumpa lagi dengan faktor pakar tutorial Pada kesempatan ini paktor akan berbagi kembali cara membuat ucapan Idul Fitri yang indah yang cantik yang menarik dengan menggunakan PowerPoint ucapan Idul Fitri yang akan kita buat Pada kesempatan ini modelnya seperti ini yang dimensinya disesuaikan dengan.

Ukuran layar handphone Karena tujuan utamanya nanti ucapan Idul Fitri ini kita kirim melalui media sosial terutama WhatsApp ataupun Messenger yang nantinya buka di layar handphone ucapan Idul Fitri ini nantinya teman-teman bisa kirim dalam bentuk gambar atau dalam bentuk animasi Jeep ataupun dalam bentuk video Oke Bagaimana langkah-langkah cara mudah membuat ucapan Idul Fitri di PowerPoint ini mari.

Kita mulai dari awal silakan buka powerpoint-nya teman-teman bisa menggunakan PowerPoint versi berapapun dalam hal ini faktor menggunakan powerp 365 pilih Blank presentation yang ini klik pada slide pertama yang muncul ubah ukuran slide-nya caranya klik pada tab.

Desain Nah bagi guna PowerPoint 2010 dan versi di bawahnya di sisi kiri di sini ada menu slide size sedangkan bagi pengguna PowerPoint 2013 dan versi di atasnya silakan pilih menu slide size yang ini klik di sini kemudian pilih custom slide size Klik di sini pada jendela slide size untuk wi-nya atau lebarnya silakan.

Ketikkan langsung langsung di sini misalnya kita buat lebarnya cukup 8 cm Kemudian untuk tingginya misalnya kita buat 12 cm setelah itu klik oke nah muncul jendela notifikasi klik saja pada tombol insurfit Klik di sini nah ini hilangkan area title and subtitel-nya secara termudah tinggal diblok seperti ini kemudian tekan tombol.

Delete pada keyboard untuk memudahkan menempatkan objek aktifkan guid-nya caranya klik pada tab view Beri tanda ceklist pada menu Guides Nah di sini muncul garis bantu langkah pertama silakan download background-nya untuk mempercepat link download-nya telah faktor cantumkan dalam deskripsi video ini kita download dari sini background-nya.

Di sini banyak sekali ada 40 background yang siap pakai misalnya kita pilih background yang model ini silakan download atau boleh dicopy langsung Caranya tinggal klik kanan pada background yang mau kita download kalau mau disimpan di laptop atau di komputer kita pilih simpan gambar sebagai atau image save as kalau mau dicopy langsung pilih copy image salin gambar kita copy langsung klik.

Salin gambar Kita pindah lagi ke powerp kita tadi di sini paste di sini atau conttrl V pada keyboard klik pada tab home pilih menu paste nah ini background-nya silakan dipaskan ukurannya seperti ini tarik sudutnya nah ini ukurannya sudah pas langkah berik berikutnya kita buat sebuah lingkaran klik pada tab insert pilih pada menu.

Save pilih oval atau lingkaran klik pada oval kita buat sebuah lingkaran di sini untuk mendapatkan lingkaran yang benar-benar bulat sempurna tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard Lalu dirag seperti ini nah ini lingkarannya tempatkan di tengah-tengah antara kiri kanan hilangkan garis pinggirnya klik pada save outline pilih no outline kemudian lingkaran ini isi dengan foto kita atau dengan logo.

Caranya Klik Kanan pada lingkaran ini pada jendela yang muncul pilih format save klik format save nah di sisi kanan muncul jendela format shap pilih F kemudian pilih or ture F Klik di sini klik lagi pada tombol Insert nah Silakan cari foto atau logo yang mau dimasukkan ke dalam lingkaran tadi klik PR file misalnya sebagai contoh faktor.

Masukkan foto ini klik pada fotonya Klik tombol Insert nah fotonya masuk kalau terjadi fotonya terlalu gepeng atau lonjong silakan di bagian tile fixure S tture misalnya di sini fotonya Kurang tinggi kita tambah nilai negatif pada offset btom silakan ditambah sampai mendapatkan foto yang proporsional seperti ini misalnya kemudian buat lagi sebuah lingkaran donat caranya kembali klik.

Posts Related:

    Pada tab insert pilih pada menu save pilih ccle hollow yang ini lingkaran

    Donat klik kita buat di sini sebuah lingkaran tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard drag seperti ini silakan disesuaikan ukurannya dengan foto kita tadi faktor perbesar tampilan powerpoint-nya hilangkan garis pinggirnya klik pada save outline pilih no outline silakan perkecil ketebalan lingkaran donat ini caranya tinggal.

    Geser titik kuning yang ada di sisi bagian dalam ini geser seperti ini warnanya silakan ganti klik pada save Fi pilih warna kuning yang ini kemudian kita beri efek klik pada menu save effect misalnya kita beri efek biple misalnya kita pilih biple cross yang ini nah jadinya seperti ini langkah berikutnya di bagian bawahnya kita buat kata-katanya kita.

    Buat teksnya kalau mau diawali dengan kata-kata indah teman-teman untuk mencari kata-kata ucapan Idul Fitri yang indah teman-teman bisa download link download-nya telah faktor cantumkan dalam deskripsi video Ini contohnya seperti ini Nah di sini banyak sekali kata-kata yang bisa kita pilih misalnya faktor pilih yang ini seperti contoh tadi silakan dicopy langsung tinggal diblok seperti ini kita copy sampai sini misalnya Klik.

    Kanan salin atau copy pindah lagi ke PowerPoint kita nah sebelum dipaste sebelum ditempel di slide PowerPoint kita pastikan tidak ada objek yang terseleksi di sini ada lingkaran donat yang terseleksi kita Klik di luar slide di sini baru klik pada menu P atau boleh juga ctrl V pada keyboard nah ini ini teksnya kita ganti warna teksnya klik pada font color misalnya kita pilih.

    Warna kuning muda yang ini nah silakan atur ukuran font-nya di sini teksnya miring kita hilangkan kemudian ukuran pontnya kita perkecil di sini 18 misalnya kita gunakan cukup 8 atau 9 Nah baru perkecil area teksnya buat menjadi rata tengah klik pada center silakan diatur kita pindahkan teks dengan niat.

    Yang tulus dan suci ini blok ctrl x pada keyboard atau boleh juga pilih menu Cut kalau di sini masih aktif klik lagi di luar slide baru ctrl V pada keyboard Nah klik kotak area teksnya ubah lagi ukuran fontnya misalnya yang ini ukurannya 9 buat jadi rata tengah warna pontnya silakan ganti Misalnya dengan kuning seperti ini berlebar area.

    Teksnya kita tambah kata-katanya di sini Kita perlebar lagi tempatkan di tengah-tengah Oke kalau mau ditambahkan gambar yang lain di background-nya ini Silakan cari gambarnya misalnya dalam contoh tadi di bagian background-nya ada gambar beduk Jadi silakan download gambarnya yang sesuai dengan tujuan masing-masing untuk men-download gambar-gambar pendukung.

    Ucapan Idul Fitri linknya telah faktor cantumkan dalam deskripsi video ini faktor m-download-nya dari sini nah misalnya kita akan menggunakan gambar beduk yang ini Klik Kanan pilih salin gambar klik pada salin gambar pindah ke PowerPoint sini baru klik pada menu paste nah ini gambar beduknya silakan diperkecil sesuai dengan kebutuhan tekan dan tahan tombol.

    Shift pada keyboard salah satu sudutnya Dorong ke arah dalam seperti ini kalau gambar beduknya Bu diberi nilai transparasi silakan faktor perbesar sini untuk memberi nilai transparasi pada gambar di bagian jendela format picture pilih menu picture kemudian pilih picture transparasi Klik di sini kita beri nilai.

    Transparasi misalnya 40% kemudian gambar beduk ini kita

    Duplikat ctrol D pada keyboard nah ini duplikatnya silakan dig geser hasil duplikatnya balikkan posisinya caranya klik pada picture format pilih pada menu rotate pilih flip horizontal nah gambar beduknya Jadi berhadap-hadapan silakan sejajarkan antara yang di kiri dengan yang di kanan.

    Ini gambar aksesoris yang lainnya dalam contoh tadi ada gambar ketupat silakan download lagi gambar ketupatnya nah ini gambar ketupatnya silakan Klik Kanan pada gambar ketupat ini salin gambar pindah lagi ke PowerPoint kita ke sini baru paste atau ctrl V pada keyboard nah ini gambar ketupatnya silakan diperkecil gambar ketupatnya sesuai dengan kebutuhan tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard.

    Salah satu sudutnya Dorong ke arah dalam seperti ini balikan posisinya klik pada picture format pilih pada menu rotate pilih PR vertial Nah jadi seperti ini kalau mau diperbanyak silakan duplikat yang pertama misalnya di sini posisinya kemudian Ctrl D pada keyboard untuk menduplikat nah ini hasil duplikatnya hasil duplikatnya kita perbesar sedikit nah has duplikatnya ini kita.

    Beri efek Shadow pada jendela format picture pilih Shadow pada bagian preset silakan pilih model shadow-nya misalnya shadow-nya kita pilih offset top yang ini nah jadinya seperti ini duplikat lagi ctrol D Nah yang ketiga ini hasil duplikat yang ketiga kita perbesar sedikit tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard drag Nah jadi kita memiliki tiga gambar ketupat seperti ini.

    Silakan digrupkan ketiga gambar ketupat ini caranya tinggal diblok saja dari pinggir dari sini nah ini ketiga gambar ketupat terseleksi untuk membuat grup tekan tombol conttrol dan huruf g pada keyboard jadilah grup baru duplikat lagi Ctrl D pada keyboard nah ini hasil duplikat grupnya pindahkan ke sisi kiri sejajarkan kemudian balikkan posisinya klik pada menu rotate pilih.

    Flip horizontal nah jadinya seperti ini Oke sekarang kita lanjutkan membuat teksnya kita duplikat saja teks ini ctrol D Nah ini dia si duplikatnya misalnya kita di sini langsung dengan kata-kata selamat Idul Fitri silakan diganti teksnya klik kotak area teksnya ubah bentuk ukuran dan warna fontnya pertama kita ganti jenis fontnya misalnya faktor.

    Pilih sketsa ramadon yang ini untuk mendapatkan font sketsa Romadon link download-nya telah faktor cantumkan dalam deskripsi video ini silakan diperbesar 28 misalnya tempatkan di tengah-tengah warnanya silakan diganti misalnya kita ganti dengan warna gradasi pada bagian jendela format shap pilih text option yang.

    Ini kemudian pilih pada text field pilih gradient field tipenya biarkan linear angel-nya misalnya kita ubah jadi 50% pada bagian gradient stopnya silakan ganti warnanya yang paling kiri kita ganti Misalnya dengan kuning yang ini Kemudian yang kedua kita ganti dengan kuning yang lebih tua kemudian yang ketiga kita ganti dengan.

    Kuningnya yang ini yang terakhir kuning muda lagi yang ini misalnya nah seperti ini kemudian teks ini kita beri efek klik padave format pilih pada menu teks efek kita beri efek bel silakan pilih Belnya yang paling sesuai misalnya kita pilih bipel-nya convex yang ini nah jadinya seperti ini duplikat lagi tag selamat Idul Fitri ini Ctrl D Nah silakan ganti teksnya.

    Misalnya di sini 1 syawal 1445 untuk membuat angka 1 gunakan huruf i besar angka 1 ini kalau mau menggunakan sketsa Ramadan kemudian ketikan saja X EMP kali karena akan kita ganti baru Hijriah kita perkecil dulu ukuran fontnya klik kotak area teksnya klik pada tab home kita perkecil warna ponnya misalnya kita.

    Ganti dengan putih Nah untuk membuat 1445 kita harus menggunakan jenis Pont yang lain karena pada Pont Sketsa ramadon tidak support untuk angka karena ini pontnya versi gratis oke kita ganti untuk tahunya ini silakan diblok yang xx ini kemudian fontnya pilih pakai all english nah yang ini Nah.

    Baru ganti dengan 1 4 4 5 Oke jadinya mirip dengan sketsa Romadon angkanya berikutnya yang ini kita copy lagi yang Idul Fitri ctrol D pada keyboard simpan di bawahnya di sini ganti teksnya klik kotak area teksnya perkecil ukuran fontnya misalnya cukup 18 warna POnya kalau mau diganti silakan.

    Kita ganti Misalnya cukup dengan kuning saja yang ini duplikat lagi ktrol pada keyboard nah ini hasil duplikatnya ganti lagi Oke seperti ini misalnya kata-katanya untuk teks Mohon maaf lahir dan batin ini Yang dua ini kita beri eek Shadow klik yang pertama tekan dan tahan tombol kontrol pada keyboard klik yang Mohon maaf lahir batin klik lagi pada.

    Save format pilih pada teks eek kita beri efek Shadow yang ini misalnya Oke ini contoh kata-katanya nanti disesuaikan saja kata-kata ini dengan kebutuhan masing-masing nah ini jika teman-teman mau mengirim ucapan Idul Fitri ini dalam bentuk gambar setelah sampai di sini teman-teman tidak perlu membuat animasi tinggal langsung dieksport menjadi.

    Gambar Caranya tinggal klik pada t file pilih menu export klik pada change file tipe silakan pilih misalnya tipe gambarnya JPEG klik pada JPEG klik save as nah misalnya kita simpan di my picture di sini beri nama file contoh ucapan Idul Fitri gambar setelah itu Klik tombol save pada jendela notifikasi pilih just.

    This one Nah kita sudah memiliki ucapan idul fitri dalam bentuk gambar yang seperti ini Jika teman-teman menginginkan ucapan Idul Fitri ini dalam bentuk video ataupun dalam bentuk animasi kita beri animasi dulu oke yang pertama yang kita beri animasi yang paling atas dulu misalnya foto kita dulu di sini klik pada foto kita faktor perbesar ingat yang kita klik fotonya karena di sini juga ada lingkaran donat pastikan kalau.

    Diklik foto berarti ini seperti ini fotonya yang bergeser Oke kita kembalikan ke posisi semula setelah terseleksi fotonya klik pada tab animation untuk foto kita beri animasi Zoom misalnya Klik tombol more pilih animasi Zoom yang ini klik nah seperti itu animasinya untuk melihat animasi lanjutannya klik pada menu animation Pan nah ini adalah animasi untuk foto.

    Starnya di sini oncck kita ganti starnya pilih with previous oke yang kedua yang kita beri animasi adalah cincinnya ini lingkaran donatnya ini klik nah ini yang terseksi lingkaran donatnya untuk memastikan geser seperti tadi Kembalikan ke semula animasinya kita beri animasi wipe yang ini nah arahnya kita ubah di bagian effect option di sini klik kita pilih.

    From top nah seperti itu Nah ini animasi untuk cincin starnya kita ganti with preview Nah untuk mulai munculnya cincin berarti setelah foto kita geser sedikit geser saja di siniide animasinya Untuk menggeser Arahkan kursor sampai berbentuk panah kiri kanan seperti ini lalu dirag misalnya munculnya cincin pada detik 0,5 se nah seperti itu selanjutnya teks atau kata-kata yang ingin kita sampaikan klik pada teksnya.

    Kemudian klik kotak area teksnya animasinya misalnya kita pilih plot in yang sederhana saja nah arahnya sama kita ganti di bagian effect option dari atas ke bawah flat down nah seperti itu setaranya sama di sini kita pilih with preview Kapan munculnya teks ini berarti setelah cincin geser berarti pada detik 1,0 seperti ini teks.

    Berikutnya klik kotak teksnya misalnya sama plot in arahnya juga sama dari atas atur lagi di sini starnya with previous munculnya kira-kira pertengahan ketika muncul teks yang pertama yaitu pada 1,5 SC di sini nah seperti ini posisinya oke yang berikutnya teks ucapan selamat Idul Fitri klik pada teks.

    Ucapan selamat Idul Fitri pilih plot in misalnya biarkan arahnya dari bawah ke atas di bagian jendela animation pilih star-nya with prevus Kapan munculnya setelah teks pakar tutorial Mengucapkan jadi kita geser ke sini Nah di sini misalnya pada detik 2,5 untuk teks selamat Idul Fitri kita beri animasi tambahan dalam keadaan terseleksi animasi selamat Idul Fitri.

    Ini klik pada add animation untuk memberikan dua atau lebih animasi pada objek yang sama animasi keduanya misalnya perubahan warna font color yang ini klik pada font color silakan atur klik anak panah di samping kanannya pilih effect option Nah di sini pilih perubahan warnanya ke warna apa Klik anak panahnya misalnya kita pilih warna putih kalau.

    Tertutup font colornya Klik di sini dulu baru pilih more color nah silakan pilih warnanya yang sesuai dengan selera misalnya faktor pilih putihnya yang tidak terlalu putih yang ini klik oke Kemudian pada bagian autoeversnya silakan diberi tanda cekl seperti Seti ini pada bagian Animate text-nya kita pilih by letter per huruf sekarang kita pindah ke bagian.

    Timing pada bagian timing-nya misalnya kita kurangi di sini biar tidak terlalu lama satu saja Kemudian klik Oke kita beri animasi ketiga untuk selamat Idul Fitri ini Jadi silakan dalam keadaan terseleksi animasinya atau boleh klik teksnya seperti ini pilih add animation animasi ketiganya misalnya WB bergoyang nah seperti itu Nah ini animasi tambahan.

    Ketiganya silakan atur untuk animasi ketiga ini klik anak panah di samping kanannya pilih effect option langsung pada timing starnya kita ganti jadi with previous durasinya biarkan setengah nya misalnya kita ganti jadi ttig jadi ada pengulangan tiga kali setelah itu klik oke Kapan mulainya bergoyang silakan geser saja di sini Maaf ini tadi belum digeser untuk animasi perubahan warna perubahan.

    Warnanya misalnya kita mulai dari sini setelah tek selamat idulfitri muncul yaitu pada detik 3,5 ini untuk perubahan warna untuk bergoyangnya yang ini kita geser misalnya pada detik 5,5 pas di sini oke sekarang untuk teks berikutnya 1 syawal 1445 yang ini animasinya samakan plot in.

    Arahnya kita ubah dari atas ke bawah nah seperti itu stnya kita ganti menjadi with prev Kapan munculnya 1 Syawal kita samakan dengan munculnya Idul Fitri misalnya atau beda 5 se Idul Fitri tadi 2 2,5 misalnya yang ini pada detik 2,7 seperti ini teks berikutnya minalidin wal faizin yang ini klik sama yang ini kita beri plot in biarkan dari bawah ke atas stnya with.

    Prev munculnya berarti kira-kira setelah bergoyang tiga kali di sini pada detik 8,5 mohon maaf klik pada teks mohon maaf animasinya sama plot in arahnya kita ubah dari atas ke bawah plot down starnya with prev mulai munculnya biarkan sama misalnya atau bedakan Li Seon kita geser nah pada detik 9,0 Oke seperti itu.

    DISCLAIMER: In this description contains affiliate links, which means that if you click on one of the product links, I'll receive a small commission. This helps support the channel and allows us to continuetomake videos like this. All Content Responsibility lies with the Channel Producer. For Download, see The Author's channel. The content of this Post was transcribed from the Channel: https://www.youtube.com/watch?v=Z1lyoL8-vlg
Previous Post Next Post