Cara Agar Halaman Dokumen Word Jadi Lebih Menarik

Cara Agar Halaman Dokumen Word Jadi Lebih Menarik [Musik] [Musik] Asalamualaikum teman-teman sahabat setia Paktor salam sejahtera untuk semuanya selamat jumpa lagi dengan Paktor pakar tutorial Pada kesempatan ini Paktor akan berbagi kembali tentang Microsoft Word, yaitu Bagaimana cara mempercantik.

Cara Agar Halaman Dokumen Word Jadi Lebih Menarik

Halaman word kita dengan menambahkan header footer hasil kreasi sendiri nah ini adalah contoh dokumen word kita yang tanpa header footer Yang masih asli Nah agar tampilan dokumen word kita ini lebih menarik Kita tambahkan header footer dengan kreasi sendiri dengan karya sendiri Contoh hasilnya seperti ini.

Nah ini contoh hasilnya setelah kita beri header footer masing-masing seperti ini ini contoh dengan warna biru Oke Bagaimana langkah-langkah cara mudah membuat header footer kreasi sendiri untuk mempercantik halaman dokumen word kita adalah sebagai berikut silakan Buka Microsoft word-nya.

Dalam hal ini kita buka dokumen yang belum ada header footernya yang ini teman-teman juga bisa menggunakan dokumen kosong untuk membuat desainnya kita bisa menggunakan word itu sendiri namun Paktor sarankan lebih mudah mendesain header footernya di PowerPoint dengan demikian kita buka PowerPoint.

Silakan pilih Blank presentation nah ubah ukuran slide ini sesuaikan dengan dokumen word kita misalnya di sini tadi ini menggunakan ukuran kertas A4 nah ini ukuran kertas A4 nya ukuran lebarnya 21 cm dan ukuran tingginya 29,7 cm.

Dengan demikian slide PowerPoint ini silakan samakan dengan dokumen word tadi Caranya tinggal klik pada tab desain kemudian pilih slide size pilih custom slide si nah pada bagian wi-nya kita langsung ketikkan di sini 21 tidak usah pakai centimeter Kemudian pada bagian tingginya.

29,7 cm ini adalah ukuran kertas A4 setelah itu klik oke pada jendela notifikasi klik saja insurfit nah maka ukuran slide ini Sama persis dengan ukuran kertas A4 silakan hilangkan area title and subtitle-nya cara tercepat tinggal diblok seperti ini kemudian tekan tombol delete pada keyboard Paktor perbesar tampilan.

Powerpoint-nya langkah pertama silakan buat sebuah segitiga siku-siku caranya klik tab insert pilih menu save pilih segitiga siku-siku yang ini klik kemudian silakan dibuat seperti ini hilangkan garis pinggirnya klik menu save outline pilih no outline kemudian ganti warnanya klik pada save fill kalau di.

Sini tidak ada pilihan warnanya klik more Fel color pilih pada standar misalnya kita pilih merah bata yang ini klik kemudian klik oke kemudian silakan atur tinggi dan lebarnya di bagian group size tingginya misalnya kita buat 3 cm nanti disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Tingginya kemudian lebarnya misalnya kita buat 25 cm boleh diketikkan langsung angka 25 lalu enter balikkan posisinya caranya klik pada menu rotate pilih flip vertial yang ini klik nah posisinya jadi seperti ini silakan paskan di bagian atas Misalnya seperti ini kemudian duplikat segitiga ini.

Caranya tinggal tekan tombol conttrol dan huruf D pada keyboard nah ini hasil duplikatnya hasil duplikatnya ubah lebarnya saja Ya tadinya di sini lebarnya 25 jadikan menjadi 21tikan saja angka 21 lalu enter nah seperti ini kemudian ganti warnanya klik pada save fill pilih lagi morfil color misalnya kita pilih merah muda yang ini kemudian.

Klik oke silakan posisikan rapatkan di bagian atas di sini nah seperti ini duplikat lagi segitiga merah muda ini Ctrl D Nah ini hasil duplikatnya ubah lebarnya misalnya kita ubah jadi 15 cm ketikkan saja di sini angka 15 enter kemudian warnanya ganti Misalnya kita ganti dengan warna gradasi caranya Klik Kanan pada segitiga ini.

Posts Related:

    Kemudian pilih format shve di sisi kanan pilih fill and Line

    Kemudian pilih menu fill klik pada gradient fiill Nah di sini tipenya biarkan linear angel-nya kita ubah misalnya kita turunkan jadi 70 derajat Kemudian pada gradient stopnya kita hanya butuh dua stop warna Jadi dua stop lainnya silakan di-delete Caranya.

    Tinggal klik saja dua kali tombol remove klik klik nah tersisa dua untuk warna Sisi kiri misalnya kita pilih warna abu-abu yang tua yang ini nah kemudian untuk stop yang kanan kita pilih warna abu-abu muda misalnya yang ini nah jadinya seperti ini setelah itu silakan rapatkan seperti ini posisinya duplikat lagi segitiga abu-abu ini.

    Ctrol D pada keyboard nah hasil duplikatnya silakan ubah ukurannya yang kita ubah hanya lebarnya saja Misalnya ini kita jadikan 11 cm lebarnya lalu enter ganti warnanya di bagian gradien stop yang sebelah kiri kita ganti dengan abu-abu muda misalnya yang ini yang sebelah kanan dengan warna putih nah jadinya seperti ini silakan.

    Tempatkan lagi di sini paskan seperti ini kemudian duplikat lagi segitiga siku-siku ini Ctrl D Nah ini duplikatnya ubah lebarnya misalnya lebarnya kita buat jadi 6 cm ketikan angka 6 lalu enter ganti warnanya yang Sisi kiri p abu-abu yang lebih tua lagi hampir hitam yang ini yang sisi kanan abu-abu muda.

    Misalnya yang ini nah jadinya seperti ini silakan paskan di bagian sudut atas kiri nah jadinya seperti ini kemudian di bagian sisi kanan di sini ada yang berlebih kita potong Oke untuk motong kita gunakan saja segitiga yang paling terakhir yang ini silakan diduplikat Ctrl D Nah ini duplikatnya silakan pindahkan duplikatnya ke sisi sebelah.

    Kanan paskan sisi kirinya dengan sisi kanan slide seperti ini segitiga abu-abu ini harus menutupi ujung segitiga merah tua setelah tertutupi seperti ini silakan klik segitig merah tua yang ini nah kemudian tekan dan tahan tombol kontrol pada keyboard klik segitiga abu-abu setelah itu klik pada save format pilih menu.

    Matsap pilih subtract Nah maka terpotong jadi seperti ini Oke ini desainnya setelah itu silakan digrupkan seleksi saja semuanya di blok seperti ini nah kemudian grupkan boleh ctrol G pada keyboard boleh klik pada C format pilih pada menu grup pilih grup Nah maka Jadi grup setelah Jadi grup kita tinggal copy untuk mengcopy tekan tombol.

    Conttrol dan huruf C pada keyboard pindah ke dokumen word kita tadi ke sini pastikan teman-teman sudah memberi halaman jika mau diberi halaman di sini ada halamannya kalau belum cara memberi halaman pada dokumen word tinggal klik pada tab insert pilih pada page.

    Number misalnya nomor halamannya kita tempatkan di bawah berarti pilih bottom page silakan pilih posisinya mau di tengah di kanan atau di kiri misalnya kita pilih yang di sebelah kanan Nah maka posisinya seperti ini halamannya Oke kita tutup dulu ini biar lebih jelas sekarang kita masukkan header putternya caranya sama tadi klik pada tab insert kemudian pilih dulu pada menu.

    Header klik pilih edit

    Header klik pada edit header klik pada header di halaman satu di sini klik oke faktor perbesar tampilan word-nya setelah kursor aktif di bagian header maka untuk teks dokumennya berubah menjadi buram karena tidak aktif di sini yang aktif bagian headernya Oke.

    Setelah itu tinggal tekan tombol ctrol dan huruf V pada keyboard nah desain header putternya masuk ke bagian header silakan paskan posisinya geser seperti ini nah posisinya sudah pas ini untuk bagian headernya di sini Kalau kebetulan margin atasnya terlalu ke atas silakan diatur tapi ini adalah margin standar seperti ini hasilnya Oke Setelah itu kita.

    Kembali ke bagian foter boleh langsung di sini diroll Klik di bagian footer di sini seperti ini kalau tidak bisa silakan tutup dulu baru klik lagi pada tab insert pilih pada menu footer klik pilih lagi edit foter nah yang aktif sekarang di bagian foternya kalau di sini aktif di bagian nomor halaman silakan klik misalnya di sisi kiri di sini Nah setelah aktif di sini silakan.

    Tekan tombol conttrol dan huruf V pada keyboard nah ini desain footernya untuk desainternya kalau posisinya Mau diubah silakan tidak pun sebetulnya dengan posisi seperti ini enggak jadi masalah oke kita ubah untuk bagian putarnya posisinya klik pada cve format pilih pada menu rotate kita pilih flip vertikal nah.

    Posisinya jadi seperti ini kalau posisinya seperti ini ini nomor halaman tidak tertutup Tetapi kalau posisinya mau dibuat seperti contoh tadi klik lagi pada ada menu rotate pilih flip horizontal nah posisinya jadi seperti ini Nah di sini posisi footer kita menutupi nomor halaman jangan khawatir teman-teman tinggal klik pada menu send backward.

    Klik anak panahnya pilih send behind text Nah maka di sini muncul nomor halamannya berada di atas desain foter kita kalau pada nomor halaman ini mau diberi lingkaran atau segiempat atau bentuk apapun bintang dan lain-lain silakan Oke misalnya kita beri bentuk lingkaran di bagian nomor halaman ini Jadi silakan buat sebuah.

    Lingkaran klik pada tab insert pilih menu save pilih oval buat sebuah lingkaran di sini untuk mendapatkan lingkaran yang benar-benar bulat sempurna tekan dan tahan tombol pada keyboard Lalu dirag seperti ini nah ini bulat sempurna hilangkan garis pinggirnya klik pada save outline pilih no outline kemudian warnanya silakan.

    Ganti Misalnya kita ganti dengan warna merah muda yang ini kalau mau diberi efek silakan klik pada menu save effect misalnya kita beri efek Shadow yang ini misalnya shadown-nya nah kemudian baru pindahkan ke belakang lingkaran ini caranya sama seperti tadi klik pada menu S backward klik anak panahnya pilih send behind text Nah maka angka duanya terlihat di.

    Sini silakan posisinya dipaskan agar angka duanya berada di tengah-tengah seperti ini misalnya nah karena di sini warna lingkarannya Merah Gelap boleh diganti nomor halam anya dengan warna putih silakan diblok nomor halaman ini setelah terblok seperti ini pilih pada menu font color warna putih Nah seperti ini kalau mau ditebalkan silakan nah seperti ini jadinya ini faktor.

    Mendesainnya di halaman 2 walaupun kita mendesain di halaman du maka akan diterapkan di semua halaman karena ini adalah header otomatis sekali buat untuk semua halaman dokumen kita nah ini jadinya jika sudah yakin tutup bagian header putternya kembali klik bagian header Putter di sini pilih close header Putter atau boleh juga double klik pada teks dokumen kita doble klik saja di.

    Sini sembarang tempat yang penting pada area dokumen nah seperti ini maka sekarang yang aktif dokumen kita header foternya tidak aktif karena tidak aktif maka di sini warnanya berubah menjadi agak buram Tetapi walaupun pada tampilan ini header putternya agak buram ketika diprint ketika dicetak hasilnya akan normal nah ini dengan warna merah di sini teman-teman bisa mengganti warnanya.

    Di Word ini sesuai dengan selera masing-masing cara gantinya sangat gampang sekali misalnya kita ganti headerternya jangan warna merah caranya sama seperti tadi tinggal klik pada tab insert pilih pada menu header kemudian pilih edit header Nah maka yang aktif bagian headernya silakan ganti Klik di sini karena ini tadi adalah sudah digrupkan kita harus Klik sekali lagi.

    Misalnya yang ini kita ganti dulu klik nah yang warna merah muda ini kemudian klik pada save format pilih save F misalnya kita ganti dengan warna biru yang ini nah kemudian sekarang yang merah tuanya klik yang merah tuanya pilih lagi pada save Fiel misalnya kita pilih warna birunya yang tua yang ini nah jadinya seperti ini sama untuk foternya juga tinggal klik.

    Pada bagian foter ini sekali klik lagi sekali lagi pada bagian desain headernya Nah ganti klik pada save format pilih save F misalnya kita pilih samakan atas bawahnya biru kemudian yang merah tua kita ganti dengan biru tua lingkarannya juga sama kita pilih biru muda Oke seperti itu Betapa mudahnya cara mempercantik dokumen word.

    Kita dengan header foter kreasi sendiri kalau teman-teman mau menggunakan header foter berupa gambar faktor telah membuat tutorialnya silakan disimak Oke semoga bermanfaat Terima kasih sudah menonton jangan lupa like subscribe di-share dan ikon loncengnya digetarkan tak lupa pula paktor mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan yang selama ini selalu men-support channel.

    DISCLAIMER: In this description contains affiliate links, which means that if you click on one of the product links, I'll receive a small commission. This helps support the channel and allows us to continuetomake videos like this. All Content Responsibility lies with the Channel Producer. For Download, see The Author's channel. The content of this Post was transcribed from the Channel: https://www.youtube.com/watch?v=pKhjWrW6ZBc
Previous Post Next Post